• header
  • header

Selamat Datang di Website SMA NEGERI 6 KOTA BEKASI | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA NEGERI 6 KOTA BEKASI

NPSN : 20223043

Jl.Asri Lestari Raya Pondok Mitra Lestari Kota Bekasi


info@sma6kotabekasi.sch.id

TLP : 02182429946


          

Banner

Agenda

23 November 2017
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Statistik


Total Hits : 120818
Pengunjung : 37666
Hari ini : 17
Hits hari ini : 54
Member Online : 1
IP : 54.80.33.183
Proxy : -
Browser : Opera Mini

 

SEJARAH SMA NEGERI 6 BEKASI

 SMA NEGERI 6 BEKASI berdiri pada tanggal 5 Oktober 1994 sesuai SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Pembukaan dan Penegerian Sekolah Tahun Pelajaran 1993/1994 dengan Nomor SK Penegerian : 0260/ O/ 1994, dengan nama SMA NEGERI 1 JATIASIH. SMA Negeri 1 Jatiasih (sekarang SMA Negeri 6 Bekasi) beralamat di Jl. Asri Lestari Raya, Perumahan Pondok Mitra Lestari, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Propinsi Jawa Barat.

 Pendirian SMA Negeri 1 Jatiasih merupakan upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan amanat Pembukaan UUD 1945 dan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan adanya hak setiap warga untuk mendapatkan pendidikan, pemerataan pendidikan, serta adanya tuntutan masyarakat Kecamatan Jatiasih dan sekitarnya untuk mendapatkan fasilitas/sarana pendidikan tersebut.

 Lahirnya SMA Negeri 1 Jatiasih bermula dari fillial atau kelas jauh SMA Negeri 2 Bekasi (saat kepala sekolah dijabat Drs. H. Romli). Pada saat pertama kali menerima siswa (Juli 1994), penerimaan siswa baru dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bekasi dengan jumlah siswa sebanyak 6 kelas sesuai dengan jumlah ruang belajar yang dimiliki SMA Negeri 1 Jatiasih pada saat itu. Mulai angkatan pertama, SMA Negeri 1 Jatiasih sudah melaksanakan KBM di ruang belajar milik sendiri.

 Sebagai Kepala SMA Negeri 1 Jatiasih yang pertama dirangkap oleh kepala SMA Negeri 2 Bekasi  Drs. H. Romli (Pymt) sedangkan pelaksana harian dijalankan oleh Drs. H. Muhyidin, MM. MBA (sebagai Plh). Sedangkan tenaga/guru pengajarnya adalah tenaga/guru pengajar SMA Negeri 2 Bekasi untuk persiapan SMA Negeri 1 Jatiasih. Sebagai Unit Sekolah Baru, pada 1 Desember 1994 SMA Negeri 1 Jatiasih mendapat tambahan guru baru sebanyak 13 orang. Dengan adanya tambahan guru baru inilah kekuatan SMA Negeri 1 Jatiasih sebagai institusi penyelenggara pendidikan menjadi lebih tangguh, mapan, dan profesional.

 Tahun 1995, SMA Negeri 1 Jatiasih berganti nama menjadi SMU Negeri 1 Jatiasih. Pada tahun ini juga terjadi pergantian kepala sekolah Drs. H. Muhyidin, MM, MBA (Plh) digantikan oleh Hj. Beah Sulbiah, S.Pd (definitif). Pada masa ini terjadi transisi kepemimpinan. Secara organisatoris atau kelembagaan SMU Negeri 1 Jatiasih sudah mulai mengatur rumah tangganya sendiri terlepas dari bayang-bayang kebijakan kepala sekolah induk (SMU Negeri 2 Bekasi). Berkat kemampuan dan keuletan Hj. Beah Sulbiah, S.Pd dalam memimpin, keteladanannya dalam kedisiplinan,  dan kemampuannya menciptakan sekolah menjadi kondusif maka prestasi demi prestasi diraih SMU Negeri 1 Jatiasih, baik prestasi akademis maupun non-akademis, baik prestasi lomba antar sekolah, tingkat kecamatan, tingkat kota/kabupaten, tingkat propinsi, maupun tingkat nasional.

 Seiring terjadinya pemekaran Kotif Bekasi menjadi Kota Bekasi pada tahun 1997 dimana Kecamatan Jatiasih masuk dalam wilayah Kota Bekasi, terjadi perubahan nomenklatur/nama sekolah di wilayah Kota Bekasi. SMU Negeri 1 Jatiasih namanya diubah menjadi SMU Negeri 6 Bekasi. Dengan adanya perubahan ini, ternyata secara psikologis membawa dampak positif kepada seluruh civitas akademika SMU Negeri 6 Bekasi untuk berubah menjadi yang terbaik, yaitu tumbuhnya tekad untuk meningkatkan kemampuan dan potensi yang ada (SDM maupun prasarana) untuk bersaing dengan sekolah lain yang ada di Kota Bekasi maupun di luar Kota Bekasi.

 Kepemimpinan Hj. Beah Sulbiah, S.Pd sebagai Kepala SMU Negeri 6 Bekasi berakhir pada tahun 1998 dimana beliau dialihtugaskan menjadi Kepala SMU Negeri 4 Bekasi. Pada tahun yang sama sebagai penggantinya adalah Drs. H. Amir Syarifuddin yang sebelumnya adalah Kepala SMU Negeri 3 Bekasi. Pasang surut kepemimpinan terjadi pada masa ini, namun prestasi demi prestasi tetap didulang oleh SMU Negeri 6 Bekasi.

 Kepemimpinan Drs. H. Amir Syarifuddin sebagai Kepala SMU Negeri 6 Bekasi berakhir pada tahun 1999. Sebagai penggantinya adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bekasi (sekarang : Dinas Pendidikan Kota Bekasi) Drs. H. Saripin (Pymt) sedangkan pelaksana harian dijalankan oleh Drs. Memet Ruhimat (Plh) yang saat itu menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMU Negeri 6 Bekasi. Kepemimpinan ini hanya berjalan 1 tahun, setelah diangkatnya Kepala SMU Negeri 6 Bekasi yang baru Drs. H. Sutoyo Sarimin yang sebelumnya adalah Kepala SMU Negeri 7 Bekasi.

 Kepemimpinan Drs. H. Sutoyo Sarimin sebagai kepala sekolah berlangsung dari tahun 2000 s.d 2004. Pada masa ini berbagai perubahan dilakukan untuk peningkatan kinerja para wakil-wakilnya, staf, guru-guru dan seluruh pegawai sekolah. Berbagai kerjasama dilakukan, berbagai terobosan dilakukan dengan pihak terkait untuk mendapatkan percepatan tersedianya kelengkapan fasilitas/prasarana pembelajaran di SMU Negeri 6 Bekasi. Berbagai macam pelatihan, workshop, dan seminar bagi guru-guru dilaksanakan untuk peningkatan SDM yang lebih profesional. Perbaikan manajemen/pengelolaan keuangan yang lebih baik pun dilakukan. Penataan lingkungan fisik pun dilakukan untuk menunjang pembelajaran yang lebih kondusif. Hasil dari kesemuanya itu adalah dibangunnya ruang kelas baru, laboratorium IPA (sekarang laboratorium kimia), perpustakaan, lapangan basket, lapangan volly, pembangunan turap batas sekolah (selatan dan barat) dan penataan lingkungan fisik lainnya. Juga yang tak kalah penting adalah tersedianya SDM (guru dan pegawai) yang lebih baik, profesional, dan bertanggung jawab. Pada masa ini prestasi demi prestasi siswa (akedemis maupun non-akademis) kembali diraih. Pada masa kepemimpinan ini juga (tahun pelajaran 2003/2004) SMU Negeri 6 Bekasi namanya diubah menjadi SMA Negeri 6 Bekasi hingga sekarang.

 Pada tahun 2004, Drs. H. Sutoyo Sarimin dialihtugaskan menjadi Kepala SMA Negeri 1 Bekasi, sebagai penggantinya adalah Drs. Suskandar MM. Masa kepemimpinan Drs. Suskandar, MM sebagai Kepala SMAN 6 Bekasi tidak jauh berbeda dari kepala sekolah sebelumnya. Berbagai upaya percepatan pembangunan fisik/sarana pembelajaran dilakukan, penataan lingkungan fisik dilakukan, juga berbagai kegiatan peningkatan kualitas SDM dilakukan. Pada masa ini dibangun ruang kelas baru, laboratorium bahasa, laboratorium biologi, ruang multimedia, perluasan laboratorium komputer, upgrade komputer, pendirian tower hotspot internet, aktivasi internet (speedy dan perintisan hotspot),  perluasan lahan, dll. Prestasi demi prestasi (akademis dan non-akademis) pun mengalir diraih siswa SMA Negeri 6 Bekasi pada kepemimpinan ini.

 Pada tahun 2007, Drs. Suskandar, MM dialihtugaskan menjadi Kepala SMA Negeri 9 Bekasi, sebagai penggantinya adalah Dra. Hj. Yetty Nugraha yang sebelunya memimpin SMA Negeri 14 Bekasi (Plh). Masa kepemimpinan Dra. Hj. Yetty Nugraha sebagai Kepala SMA Negeri 6 Bekasi tidak jauh berbeda dari kepala sekolah sebelumnya. Berbagai upaya percepatan pembangunan fisik/sarana pembelajaran dilakukan, penataan lingkungan fisik dilakukan, juga berbagai kegiatan peningkatan kualitas SDM dilakukan. Pada masa ini dibangun ruang kelas baru, laboratorium fisika, perluasan akses internet hotspot (penambahan bandwith), turap batas sekolah (utara), kantin sekolah, kantin kejujuran, sarana prasarana penunjang K6/adipura/pemeliharaan lingkungan hidup meliputi penyediaan tempat sampah, pengolahan sampah/daur ulang sampah, pembuatan sumur resapan, biopori, perintis perluasan dan rehabilitasi masjid At-Tarbiyah, dll. Pada kepemimpinan  ini juga SMA Negeri 6 Bekasi dan lingkungan sekitarnya menjadi sangat hijau dan rindang sebagai bentuk loyalitas kepada pemerintah Kota Bekasi yang   menunjuk SMA Negeri 6 Bekasi sebagai titik pantau adipura. Prestasi demi prestasi (akademis dan non-akademis) pun mengalir diraih siswa SMA Negeri 6 Bekasi pada kepemimpinan ini. Keteladanani ibu kepala sekolah yang satu ini dalam segala hal patut dicontoh.

 Kepemimpinan Dra. Hj. Yetty Nugraha di SMA Negeri 6 Bekasi berakhir tahun 2010 karena dialihtugaskan sebagai Kepala SMA Negeri 4 Bekasi. Sebagai penggantinya di tahun yang sama adalah Lukman Hakim, S.Pd. MM yang sebelumnya adalah Kepala SMA Negeri 13 Bekasi. Dibawah kepemimpinan Lukman Hakim, S.Pd. MM digulirkan program/rencana besar untuk mengubah SMA Negeri 6 Bekasi menjadi sekolah yang lebih berkualitas dan dikenal oleh masyarakat luas dan dapat diperhitungkan baik di tingkat kota, propinsi, maupun nasional.

 Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengubah SMA Negeri 6 Bekasi menjadi lebih bermutu dan berkualitas melalui penataan manajemen SDM (pendidik dan TU), percepatan kelengkapan fasilitas/sarana prasarana pembelajaran, reformasi kegiatan pembelajaran, dan kegiatan lainnya. Belum lengkap satu tahun memimpin SMA Negeri 6 Bekasi beberapa terobosan telah dilakukan diantaranya :

 1.    Melaui kerjasama dengan dinas terkait telah diperoleh bantuan laboratorium multimedia lengkap dengan komputer, LCD projektor, serta seluruh penunjangnya untuk pendukung pembelajaran berbasis TIK dengan teknologi terkini.

 2.       Telah merubah wajah SMA Negeri 6 Bekasi menjadi lebih asri baik nampak dari depan maupun dari berbagai sisi sehingga lebih nyaman untuk belajar.

 3.      Menjalin kerjasama dengan LOPI untuk pembinaan siswa dalam persiapan olimpiade sains (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Sains Kebumian, Astronomi, Ekonomi, dan Komputer).

 4.      Menjalin kerjasama dengan konsultan pendidikan untuk peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran/pendidikan di SMA Negeri 6 Bekasi.

 5.       Menata ruang tamu, ruang pegawai, ruang kepala sekolah, pemindahan dan perluasan ruang guru sehingga lebih representatif dan nyaman untuk bekerja.

 6.    Upgrade website resmi sekolah sebagai sarana dan sumber informasi yang benar kepada masyarakat tentang sekolah, dan sebagai penunjang peningkatan pelayanan terhadap peserta didik/orangtua peserta didik, dinas terkait, dan pengguna lainnya.

 7.       Menjalin kerjasama dengan warga sekitar untuk penyediaan lahan parkir peserta didik sehingga lapangan sekolah dapat dipergunakan sebagaimana mestinya (olahraga, upacara, dan kegiatan pembelajaran lainnya) sehingga pembelajaran lebih kondusif.

 8.    Menggalakkan kegiatan dan penyediaan sarana K6, penghijauan sekolah dan sekitarnya dalam rangka pemenangan Adipura Kota Bekasi.

 9.     Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dalam rangka peningkatan mutu/kualitas SDM bagi guru/pendidik untuk melanjutkan pendidikan S2 (Pasca Sarjana).

 10.    Merintis terselenggaranya kelas unggulan berbasis TIK.

 11.  Melanjutkan perluasan dan rehabilitasi Masjid At-Tarbiyah SMA Negeri 6 Bekasi sebagai sarana peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

 12.    Dll

 Dalam kepemimpinan Lukman Hakim, S.Pd, MM inipun prestasi demi prestasi (akademis  dan non-akademis) diraih. Namun demikian prestasi yang dihasilkannya ini belum memuaskan baginya sehingga beliau mengajak kepada seluruh civitas akademika SMA Negeri 6 Bekasi untuk terus berpacu prestasi yang lebih baik lagi. Semoga semangat kepemimpinan Lukman Hakim, S.Pd, MM yang menggelora ini dapat dibarengi oleh kerjasama yang sinergis dan harmonis dengan seluruh warga SMA Negeri 6 Bekasi yang akhirnya dapat dicapai SMA Negeri 6 Bekasi sebagai lembaga penyelenggara pendidikan yang bermutu dan berkualitas. AMIN.

 Disamping prestasi-prestasi yangdiperoleh diatas, sejak berdirinya SMA Negeri 6 Bekasi sampai saat ini yang tidak kalah pentingnya adalah :

 

 1.       Selalu sukses dalam penyelenggaraan UN dengan tingkat kelulusan rata-rata 100 %

 2.    Selalu sukses dalam menghantarkan lulusannya dapat diterima di perguruan tinggi negeri favorit dengan prosentasi yang membanggakan.

  Kepemimpinan Lukman Hakim, S. Pd, MM di SMA Negeri 6 Bekasi berakhir Desember tahun 2011 karena dialihtugaskan sebagai Pengawas Pembina Dikmen Disdik Kota Bekasi. Sebagai penggantinya di bulan dan tahun yang sama adalah Dra. Hj. Sumartini, MM yang sebelumnya adalah Kepala SMA Negeri 10 Bekasi. Dibawah kepemimpinan Dra. Hj. Sumartini, MM dibuat program dan rencana besar untuk menata SMA Negeri 6 Bekasi menjadi sekolah yang memiliki SDM dan output peserta didik yang lebih berkualitas, sarana pembelajaran yang lengkap serta lingkungan sekolah yang bersih, indah, dan rindang.

 Berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan SMA Negeri 6 Bekasi menjadi lebih bermutu/berkualitas, nyaman, dan asri melalui penataan manajemen SDM (pendidik dan TU), percepatan kelengkapan fasilitas/sarana prasarana pembelajaran, reformasi kegiatan pembelajaran, pengecatan dan penghijauan sekolah, serta kegiatan lainnya. Belum lengkap dua tahun memimpin SMA Negeri 6 Bekasi beberapa terobosan telah dilakukan diantaranya :

 

1.    Penyelesaian pembangunan sebanyak 3 (tiga) RKB (Ruang Kelas Baru) lanjutan dari masa kepemimpinan Lukman Hakim, S. Pd. MM.

 2.       Pembangunan 1 (satu) RKB

 3.       Pengadaan infokus (LCD Projektor) semua ruang kelas XII

 4.       Pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis TIK bagi seluruh guru/pendidik

 5.       Penataan administrasi sekolah, kurikulum, kesiswaan, dll

 6.       Pengadaan kendaraan operasional sekolah (minibus sekolah)

 7.       Pengecatan total sekolah

 8.       Peningkatan sarana UKS dan perbaikan sanitasi air

 9.       Rehabilitasi ringan dan peningkatan sarana laboratorium kimia, biologi, dan fisika

 10.   Pembuatan taman sekolah dan perbaikan kolam ikan

 11.  Menjalin kerjasama dengan Derall Olimpiad untuk pembinaan siswa dalam persiapan Olimpiade Sains tingkat Kota/Kabupaten maupun Propinsi (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Sains Kebumian, Geografi, Astronomi, Ekonomi, dan Komputer). Keterangan : yang bercetak tebal.

 12.   Dimulainya implementasi Paket Aplikasi Sekolah (PAS)

 13. Update website resmi sekolah sebagai sarana dan sumber informasi yang benar kepada masyarakat tentang sekolah, dan sebagai penunjang peningkatan pelayanan terhadap peserta didik/orangtua peserta didik, dinas terkait, dan pengguna lainnya.

 14. Menggalakkan kegiatan dan penyediaan sarana K6, penghijauan sekolah dan sekitarnya dalam rangka pemenangan Adipura Kota Bekasi, Lomba Sekolah Sehat, dan Lomba Sekolah Adiwiyata.

 15. Melanjutkan perluasan dan rehabilitasi Masjid At-Tarbiyah SMA Negeri 6 Bekasi sebagai sarana ibadah bagi seluruh warga sekolah.

 16.   Dll

 Dalam kepemimpinan Dra. Hj. Sumartini, MM inipun prestasi demi prestasi (akademis  dan non-akademis) diraih. Namun demikian prestasi yang dihasilkannya ini belum memuaskan baginya sehingga beliau mengajak kepada seluruh civitas akademika SMA Negeri 6 Bekasi untuk terus meraih prestasi yang lebih baik lagi. Semoga semangat kepemimpinan Dra. Hj. Sumartini, MM yang menggelora ini dapat dibarengi oleh kerjasama yang sinergis dan harmonis dengan seluruh warga SMA Negeri 6 Bekasi yang akhirnya dapat dicapai SMA Negeri 6 Bekasi sebagai lembaga penyelenggara pendidikan yang bermutu dan berkualitas. AMIIN.

 Disamping prestasi-prestasi yang diperoleh di atas, sejak berdirinya SMA Negeri 6 Bekasi sampai saat ini yang tidak kalah pentingnya adalah :

 

1.          Selalu sukses dalam penyelenggaraan UN dengan tingkat kelulusan rata-rata 100 %

2.      Mampu menghantarkan lulusannya dapat diterima di perguruan tinggi negeri favorit dengan prosentasi yang terbesar dari sebelumnya.

 

 

 

KURIKULUM YANG PERNAH DITERAPKAN

DI SMA NEGERI 6 BEKASI

 SEJAK BERDIRI (1994) SAMPAI SEKARANG (2013) :

 

1.    Kurikulum 1994                                                            (1994 s.d 1999)

 2.    Kurikulum 1994 dengan Suplemen                           (1999 s.d 2003)

 3.    Kurikulum Berbasis Kompetensi / KBK                     (2004 s.d 2006)

 4.    Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / KTSP         (2006 s.d 2015)

 5.    Kurikulum 2013                                                            (2013 s.d  sekarang)

 

 

KEPALA SMA NEGERI 6 BEKASI

 SEJAK BERDIRI (1994) SAMPAI SEKARANG (2015) :

 

 

 1.      Drs. H. Muhyidin, MM, MBA  (Plh)              (1994 s.d 1995)

2.       Hj. Beah Sulbiah, S.Pd                                    (1995 s.d 1998)

3.       Drs. H. Amir Syarifuddin                                (1998 s.d 1999)

4.       Drs. Memet Ruhimat  (Plh)                           (2000)

5.       Drs. H. Sutoyo Sarimin                                   (2000 s.d 2004)

6.       Drs. Suskandar, MM                                       (2004 s.d 2007)

7.       Dra. Hj. Yetty Nugraha                                   (2008 s.d 2010)

8.       Lukman Hakim, S.Pd, MM                             (2010 s.d 2011)

9.       Dra. Hj. Sumartini, MM                                  (2011 s.d sekarang)